Komitmen POLNES Dalam Upaya Pendirian Akademi Komunitas Negeri

Politeknik Negeri Samarinda bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Paser  telah merampungkan proses akhir penyusunan master plan akademik. Tujuan dari penyusunan master plan ini tidak lain adalah upaya konkrit POLNES dalam pembentukan Akademi Komunitas Negeri di tana paser.

 

"Dalam rangka untuk mewujudkan Undang Undang nomor 12 kemudian di ikuti permendiknas nomor 48 tentang syarat berdirinya suatu Perguruan Tinggi. Politeknik Negeri Samarinda dalam hal ini sebagai Perguruan Tinggi Pembina Akademi Komunitas Paser meng-upayakan untuk segera menjadikan perguruan tinggi yang mandiri (Negeri). oleh karena itu, maka disusunlah master plan ini." Alwathan, ST.,MT selaku Wakil Direktur bidang kerjasama.

Setelah melalui berbagai tahapan penyusunan, akhirnya pada hari jum'at tanggal 27 Desember 2013 Politeknik Negeri Samarinda bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Paser telah menyelesaikan proses akhir dalam pembuatan Master Plan Akademik untuk Akademi Komunitas Paser.

Di antara master plan yang telah selesai di susun TIM dari Politeknik Negeri Samarinda dengan Pemerintah Kabupaten Paser antara lain meliputi:

  1. Program Akademik.
  2. Rencana Strategis (Renstra 5 tahun kedepan).
  3. Statuta.
  4. Sistem Penjaminan Mutu Akademik.
  5. Organisasi dan Tata Kelola.
  6. Studi Kelayakan.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten  Paser melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Muhammad Ali Hapsah menjelaskan bahwa sebagai bagian dari komitmen pemerintah daerah untuk memfasilitasi proses ini adalah dengan membebaskan lahan seluas 5,9 hektar dan saat ini sedang dalam proses untuk diserahkan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Kami berharap, dengan rampungnya Masterplan Akademik dan ketersediaan lahan ini bisa mengantarkan nanti, paling tidak di 2014 Akademi Komunitas Paser sudah menjadi Akademi Mandiri (Negeri)." tambah Ali Hapsah.

Salah satu tokoh pendidikan di Kabupaten Paser, Noorlyna Zam Zam Noor,S.Pd., M.Pd yang selalu hadir dalam proses penyusunan master plan ini menyampaikan bahwa "Kami sebagai warga paser sangat bangga dan sangat berterima kasih besar untuk POLNES Samarinda yang sudah merintis sehingga pada hari ini selesai dengan finalisnya Master Plan Akademik Akademi Komunitas paser."